Rabu, 29 Oktober 2008

Browsing Halaman Website

Browsing adalah proses mengakses konten web dengan menggunakan web. Pada situs atau websiteterdapat berbagai macam informasi yang kita cari. Bisa berupa suatu oraganisasi, komunitas, perusahaan, lembaga pemerintahan atau non-pemerintah yagn sudah memiliki nama situs yang unik sesuai identitas mereka.

Dimulai dengan kode www, yang merupakan singkatan dari Wide World Web, atau yang diartikan sebagai web yang terdapat di salah satu jaringan dunia. Contohnya adalah www.depdiknas.go.id yang merupakan salah satu situs lembaga pemerintah Indonesia. Dari alamat tersebut dapat diterjemahkan depdiknas merupakan nama unik dari Departemen Pendidikan Nasional, go merupakan singkatan dari government yang artinya dimiliki badan pemerintah, selain go tardapat kode co yang berarti corperate yaitu perusahaan, sch yang berarti school yaitu sekolah. Jadi, penamaan website suatu organisasi ditentukan oleh jenis usaha. Id diartikan sebagai kode Negara yaitu Indonesia. Koden antara Negara satu dengan yang lain berbeda. Misal Inggris dengan uk, hongkong dengan hk, jepang dengan jp.

Unruk mengakses internet kita bisa menggunakan salah satu program untuk akses internet. Pada materi ini akan dibahas program akses internet dengan menggunakan internet explorer.


Keterangan gambar :

  1. 1. Title Windows

Menunjukkan judul alamat internet yang sedang dibuka dan selalu diikuti dengan nama program internet explorer.

  1. 2. Menu

Baris yang berisi perintah untuk pengoperasian internet explorer.

  1. 3. Standar Button

Baris yang berisi tombol perintah standar untuk pengoperasian internet explorer.

  1. 4. Address bar

Tempat untuk menuliskan alamat internet yang akan dituju. Setelah alamat internet yang akan dituju ditulis pada bagian ini, selanjutnya klik pada bagian kanan “GO” untuk menjalankannya.

  1. 5. Links

Baris penghubung ke alamat internet secara cepat tanpa mengetik alamatnya, yang dapat ditambah atau juga dikurangi.

  1. 6. Workspace

Area kerja internet explorer. Pada bagian ini akan muncul tampilan berupa informasi yang ditampilkan oleh alamat internet yang dikunjungi.

  1. 7. Status Bar

Baris informasi status link alamat pengguna internet yang tampil atau terbuka dalam workspace.

By: FADHILAH KURNIA PUTRI (XI IA 3/16)

0 komentar: